Episode 186 – 190

Episode 186

186

Krishna kecil sedang menggembala kambing di bawah pohon. Teman-temannya datang mengajaknya mencuri mentega dari pot para gopi. Oleh Krishna, pot-pot yang dibawa para gopi di atas kepala itu di lubangi dengan ketapel. Mentega keluar dari pot-pot yang bocor, membuat Krishna dan teman-temannya girang sambil berjalan di belakang para gopi menyantap mentega yang keluar dari pot. Para gopi mengeluh kepada Yashoda, Ibu Krishna,  tentang kenakalan Krishna. Krishna mengadu pada Yashoda bahwa ia belum makan mentega. Namun demikian, Yashoda tetap mengeluh kepada Nanda tentang Krishna. Di rumah, Nanda justru khawatir tentang pajak yang harus dia serahkan pada Raja Kamsa. Nanda memutuskan untuk pindah ke Vrindavan. Namun dia pada ular raksasa, Kaliya, penguasa sungai yang akan membunuh mereka. Tanpa rasa takut, Krishna  menyelam ke dalam air, dan mengalahkan Kaliya. Dia menari di atas kepala ular Kaliya ini.

Episode 187
187

Krishna memainkan seruling di depan Radha, teman perempuan yang ia sukai. Dan memainkan Dandiya bersama. Nanda memberitahukan ke para Brahmana bahwa ia tidak sanggup memberikan seratus ekor sapi untuk persembahan pada Dewa Indra. Krishna menyarankan Nanda untuk menyembah bukit Govardhan. Saat upacara persembahan pada Dewa Indra yang dilakukan para Brahmana, Krishna dan teman-temannya mengganggu yagya. Kendi-kendi yang berisi air diganti menjadi cairan kotoran. Tentu saja upacara menjadi kacau. Para Brahmana mendatangi Nanda yang sedang melakukan upacara persembahan di dekat bukit Govardhan. Dewa Indra yang marah menyerang bukit Govardhan dengan mengirim hujan dan badai membuat penduduk desa ketakutan. Dengan kesaktiannya, Krishna mengangkat bukit Govardhan, untuk melindungi orang-orang dan sapi-sapinya. Krishna bisa mengalahkan Dewa Indra dan Dewa Indra akhirnya minta maaf pada Krishna.

Episode 188

188

Kamsa mendatangi Dewaki dan Basudewa di penjara. Raja yang kejam ini bertanya apakah anak kedelapan mereka masih hidup. Basudewa memberitahukan pada Kamsa bahwa Balaram dan Krishna adalah anak-anaknya. Kamsa murka dan segera mengutus Akroor membawa Krishna dan Balaram ke Mathura. Akroor bertemu Nanda memberitahu bahwa dia harus membawa Krishna dan Balaram ke Mathura. Krishna mendatangi Yashoda minta izin berangkat ke Mathura. Dia mengatakan pada Yashoda bahwa ia tidak akan kembali dalam waktu dekat. Yashoda menjadi sangat sedih. Krishna meminta Yashoda menyuapinya dengan mentega.

Episode 189

189

Krishna mendatangi kekasihnya, Radha, untuk berpamitan. Radha berurai air mata mengetahui Krishna akan berangkat ke Mathura. Begitu sampai di Mathura, Krishna dan Balaram disambut Chanoor dan Mushtik, kaki tangan Kamsa. Mereka menantang Krishna untuk mengangkat busur. Dengan mudah Krishna mengangkat busur yang sangat besar itu juga mematahkan. Melihat kejadian luar biasa itu, seorang wanita cacat, Trivakri, datang dan mencari berkah dari Krishna. Krishna berhasil menyembuhkan kaki wanita itu hingga bisa berdiri tegak. Ketika bertemu Kamsa, Krishna meminta Kamsa membebaskan orang tuanya dan mengembalikan kerajaan tersebut pada Ugrasena. Kamsa menantang Krishna dan Balaram untuk mengalahkan Chanoor dan Mushtik. Keduanya berhasil ditaklukkan. Kamsa menantang Krishna untuk berkelahi.

Episode 190

190

Krishna akhirnya bisa membunuh Kamsa dalam perkelahian. Dia berhasil menyelamatkan orangtuanya, Basudewa dan Dewaki. Demikian akhir cerita yang diperdengarkan Krishna di depan keluarga Pandawa. Krishna menjelaskan bahwa kelas, ketika perang melawan Duryodhana terjadi, keadaan itu semata-mata untuk kesejahteraan masyarakat. Perdana Menteri Widura mendapat tugas untuk membawa pesan ke Kerajaan Matsya untuk bernegosiasi dengan Pandawa mengenai perang. Di Hastinapura, Sangkuni berpikir licik untuk menangkap Krishna saat datang bernegosiasi. Duryodhana menyambut akal busuk pamannya ini. Mereka langsung menyusun rencana mencelakai Krishna. Abimanyu dan Uttara melakukan ritual pernikahan, dan mencari berkah dari para orangtua.

– Mahabharata : catatan aien hisyam –


Episode 186
Krishna and his friends steal butter from the pots of the gopis. The gopis complain to Yashoda about Krishna’s mischief. Krishna lies to Yashoda that he has not eaten the butter. Nevertheless, Yashoda complains to Nand about Krishna. Nand becomes worried about the taxes that he has to pay to Kans, and decides to relocate to Vrindavan. He becomes scared on thinking that a snake, Kaliya, might hurt them. Krishna dives into the water, and defeats Kaliya. He dances on Kaliya’s hood.

Episode 187
Krishna lifts the Govardhan hill
Telecast Date: 15 May 2014
Krishna plays flute for Radha, and plays dandiya with her. Nand informs the Brahmins that he will not be able to offer more than hundred cows, to pacify Indradev. Krishna suggests Nand to worship the Govardhan hill. Krishna and his friends ruin the yagya that has been organised to pacify Indradev. It starts raining as Indradev becomes infuriated. Krishna lifts the Govardhan hill, to provide shelter to his people and cows. Indradev attacks the Govardhan hill. Later, Indradev apologises to Krishna.

Episode 188
Kans invites Krishna and Balaram to Mathura
Telecast Date: 16 May 2014
Kans enquires Devaki and Vasudev whether their eighth son is alive. Vasudev informs Kans that Balaram and Krishna are his sons. Kans instructs Akroor to bring Krishna and Balaram to Mathura. Akroor meets Nand and informs him that Kans has invited Krishna and Balaram to Mathura. Krishna seeks Yashoda’s blessings and permission to leave for Mathura. He tells Yashoda that he will not be returning in the near future. Yashoda becomes emotional on learning the same. Krishna requests Yashoda to feed butter to him.

Episode 189
Radha breaks down into tears on learning that Krishna is leaving for Mathura. Chanoor and Mushtik challenge Krishna to lift a bow. Krishna breaks it. Trivakri seeks Krishna’s blessings. Krishna asks Kans to release his parents, and return the kingdom to Ugrasena. Kans challenges Krishna and Balaram to defeat Chanoor and Mushtik. Krishna and Balaram defeat them. Kans challenges Krishna to a fight.

Episode 190
Krishna kills Kans in the fight, and rescues Vasudev and Devaki. He informs Pandu’s family that the war against Duryodhan is necessary for the wellbeing of the society. Vidur leaves for Virat’s kingdom, to negotiate with the Pandavas regarding the war. Shakuni informs Duryodhan that they have to capture Krishna when he visits Hastinapur for the negotiation. Abhimanyu and Uttara perform the wedding rituals, and seek the blessings of the elders. Vidur reaches Virat’s kingdom.

Posted on 13 Oktober 2014, in Anak Pandawa, Bharatayudha, Hastinapura, Kerajaan, Krishna, Kurawa, Pandawa, Perang, Raja, Sinopsis, Taruhan and tagged , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan komentar